Masalah Dapodik

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Pendataan Dapodik 






A. Terkait Kebijakan

1.  Apa yang melandasi pendataan dapodik Ditjen Dikdas ?

Jawab : Dengan terbitnya Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2011 tentang pendataan bahwa Ditjen Dikdas melalui sekretariat direktorat jenderal diamanatkan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar yang meliputi 3 entitas data pendidikan Sekolah, PTK dan peserta didik yang bersifat individual, relational dan longitudinal.

  1. Untuk apa data pokok pendidikan ini ?

Jawab : data pokok pendidikan jenjang dasar ini akan digunakan seluas-luasnya untuk seluruh kegiatan yang ada di lingkungan Ditjen Dikdas.

  1. Siapa yang harus melakukan pendataan ini ?

Jawab : DAPODIKDAS (Data Pokok Pendidikan Dasar) meliputi satuan pendidikan SD, SDLB, SMP, SMPLB, SLB. Untuk masing-masing jenjang menengah dan PAUD memiliki sistem dapodik sendiri-sendiri yang diatur melalui mekanisme penjaringan sesuai dengan Ditjen masing-masing.

4.         Bagaimana peran sekolah ?

Jawab : pendataan ini berbasiskan sekolah, artinya pendataan dilakukan secara mandiri oleh sekolah tersebut. Mulai dari penggandaan formulir cetak, distribusi formulir, pengisian, entri data sampai dengan pengiriman ke server. Kepala sekolah sebagai top manajemen di sekolah tersebut bertanggungjawab terhadap kelengkapan, kebenaran data yang dikirim. Kepala sekolah dapat menunjuk operator sekolah yang bertugas membantu operasional aplikasi dan input data di dalam aplikasi sesuai dengan formulir yang diisikan masing-masing PTK dan peserta didik.

  1. Bagaimana peran UPTD Kecamatan ?

Jawab : UPTD kecamatan dapat mengkoordinir pendataan SD, SDLB, SMP, SMPLB di wilayahnya. Membimbing sekaligus memonitor progres pengiriman sekolah dan memastikan sekolah di wilayah kecamatannya sudah mengupdate data sekaligus memeriksa kelengkapan, kebenaran data yang dikirimkan sekolah. UPTD dapat memfasilitasi sekolah jika sekolah tidak mampu melakukan entri data secara mandiri. Apakah terkait SDM, komputer maupun jaringan internet. Namun sifatnya pendukung saja, sekolah diharapkan dapat mandiri melakukan pendataan.

  1. Bagaimana peran Pengawas Sekolah?

Jawab : Pengawas sekolah dapat secara langsung memonitoring pendataan di sekolah yang menjadi binaannya, memastikan sekolah tersebut sudah menyelesaikan pendataan secara lengkap, benar dan mutakhir. Pengawas sekolah dapat mengecek kebenaran data dengan



visitasi ke sekolah yang bersangkutan sesuai dengan tugas pokok sekolah mengawasi proses pembelajaran sekaligus komparasi data yang dikirmkan dengan kondisi sebenarnya (fakta) nya.

7.       Bagaimana peran Dinas Pendidikan Kab/kota?

Jawab : Dinas Pendidikan kab/kota memeberikan sosialisasi, bimbingan teknis kepada sekolah-sekolah di wilayahnya masing-masing. Distribusi perangkat lunak dan pendukung lainnya. Memonitoring pengiriman sekolah, dan memberikan pendampingan / konsutasi kepada sekolah jika ada troubleshooting aplikasi atau seputar teknis operational aplikasi dapodikdas. Melalui web manajemen pendataan yang sudah disiapkan dinas kabkota dapat memonitoring progres update masing- masing sekolah. Memvalidasi data yang ada sekolah dari web manajemen pendataan yang sudah disiapkan oleh pusat.

8.       Bagaimana peran Dinas pendidikan Provinsi ?

Jawab : dinas pendidikan Provinsi dapat melakukan monitoring, membina, koordinasi tingkat kabkota sekaligus memastikan updating data sekolah di wilayah provinsi nya masing-masing.

9.       Kapan sekolah update data ?

jawab : idealnya setiap kali ada perubahan data, sekolah mengirimkan data ke server pusat, tapi jika kendala SDM, dan infrastruktur lainnya sekolah minimal 1x dalam 1 semester untuk updating data.



10.   Bagaimana memulai pendataan 2013 – 2014 ?

Jawab : aplikasi pendataan, formulir, manual dapat di unduh di webinfopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id atau mengcopy di dinas kab/kota masing-masing.Aplikasi ini sama semua untuk seluruh sekolah jenjanga SD, SDLB, SMP, SMPLB, SLB, Yang membedakan sekolah 1 dan yang lain adalah koderegistrasi

11.   DVD/CD Aplikasi pendataan apa saja isi nya dan bagaimana mendapatkannya ? Jawab : CD tersebut berisi formulir pendataan , aplikasi DAPODIK 2013, manual aplikasipendataan, video tutorial, FAQ (Tanya jawab) kontak person, data_prefilled 2012.

12.   Bagaimana langkah-langkah sekolah melakukan pendataan ?

Jawab :

1.       Penggandaan, Pendistribusian, pengisian dan pengumpulan formulir cetak untuk Siswa baru

2.       Penunjukkan dan penugasan operator oleh kepala sekolah

3.       Copy aplikasi dan pendukung lainnya (manual, video, dll)

4.       Entri data di aplikasi

5.       Kirim ke server

6.       Pengecekan data hasil kiriman di infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id

7.       Jika ada troubleshooting konsultasikan ke dinas atau ke pusat


13.   Bagaimana dengan koderegistrasi ?

Jawab : koderegistrasi adalah kode untuk mengkativasikan aplikasi sekolah. Koderegistrasiuntuk pendataan 2013 setiap sekolah akan berbeda dengan tahun sebelumnya 2012. Cara mendapatkannya silakan hub dinas pendidikan setempat

14.   Apa yang dimaksud dengan data prefill ? Jawab : Data prefille adalah data

15.   Bagaimana dengan username sekolah ?

Jawab : Username yang digunakan adalah alamat email, diusahakan email aktif. Kepala sekolahmenentukan email apa yang digunakan untuk proses pendataan sekolah. Dan email ini tidak boleh sama dengan

16.   Username sekolah berupa email, apakah boleh 1 email username digunakan lebih dari 1 sekolah ?

Jawab : tidak boleh. Username ini harus unik. Artinya tidak boleh sama antara 1 sekolah denganyang lain untuk email yang digunakan sebagai username.

17.   Bagaimana dengan password sekolah?

Jawab: Password boleh bebas apa saja, yang penting mudah digunakan dan mudah diingat.

18.   Bagaimana jika lupa username atau password ?

Jawab: register kembali sebagai sekolah, dengan catatan username nya (email) tidak boleh samadengan yang sebelumnya.

19.   Apakah nomor HP, no Telp, Skype, YM harus di isi saat registrasi ?

Jawab : untuk No hp operator sekolah sebaiknya perlu diisi dengan valid, utujuannya agar ketikaada informasi / validasi dari pusat akan mudah menginformasikannya ke sekolah yang bersangkutan. Untuk Skype, YM tidak wajib diisi.

20.   Spesifikasi komputer apa yang dipersyaratkan ?

-  Minimal requirement :

a.  Processor minimal Pentium IV

b. Memory minimal 512 MegaByte

c.  Storage tersisa minimal 100 MegaByte

d. CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD

- Spesifikasi minimum Software (Operating Sistem)

1.  Microsoft Windows Operating System

a. Windows XP SP2

b.  Windows Vista


c.  Windows 7

d.  Windows 8 (Aplikasi tidak bisa berjalan di Windows 8 RT)

e. Windows Server 2003 atau yang terbaru

2.  Browser Internet Modern

a. Firefox, atau

b.  Chrome

21.   Bagaimana cara kirim data ke server pusat?

Jawab : klik tombol synchronisasi , itu sama dengan fungsi kirim data ke server.

22.   Jika sekolah tidak memiliki komputer, bolehkah di entri di sekolah lain?

Jawab : Boleh saja, dengan catatan kepala sekolah menunjuk operator sekolah lain yang diberikepercayaan untuk entri data. Tugas operator hanya menginputkan data, adapun segala kebenaran data sekolah menjadi tanggungjawab kepala sekolah.

23.   Jika sekolah memiliki komputer, tapi tidak memiliki jaringan internet bagaimana?

Jawab : aplikasi dapodik dapat bekerja secara offline sehingga sekolah tetap dapat mengentridata walaupun tidak terhubung internet. Ketika akan kirim data, klik tombol synchronisasi lalu computer akan muncul browse, simpan file arahkan ke flashdisk/ hardisk. Bawa file tersebut ke tempat yang memiliki akses internet, warnet/PLIK/UPTD/Dinas/ICT center atau apapun yang memiliki fasilitas koneksi internet.Kemudian buka website pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. Upload file di menu upload data .


24.   Bagaimana cara mencetak/export data ke hardcopy untuk keperluan laporan?

Jawab: “Tanya ke pengembang”

25.   Bagaimana cara melihat jumlah data invalid saat validasi?

Jawab: saat tombol validasi di tekan akan muncul peringatan daftar data yang invalid masing-masing record dan jumlah data invalidnya

26.   Bagaimana solusinya jika sekolah tidak punya jaringan internet?

Jawab: Aplikasi DAPODIK dapat bekerja/ melakukan entri data secara offline, untuk pengirimandata harus terkoneksi internet. Bagi sekolah yang memiliki jaringan internet/ LAN/wifi/modem/dll dapat langsung di hubungkan ke komputer tersebut maka aplikasi akan membaca secara otomatis “status ONLINE” dan dapat mengirimkan data secara langsung. Jika komputer tersebut tidak terkoneksi internet “status offline” maka dapat melakukan pengiriman dengan cara :

a.       Setelah melewati validasi aplikasi (tombol validasi) tekan tombol “sync” maka computer akan menyimpan file database (data sync) sekolah ke direktori yang diinginkan (browse) dapat juga di simpan ke dalam flashdisk



b.      Unggah/ upload file database tersbut / “file syNc” melalui website pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id di menu “unggah”. Koneksi internet tempat terdekatyang mudah terjangkau (dinas, UPTD warnet, ICT Center, PLIK, modem, dll)

c.       apakah aplikasi dapodikdas 2013 nanti full online? bagaimana dengan daerah yang kesulitan jaringan internet ?

27.   Bagimana dengan sekolah baru berdiri di tahun sekarang ?

Jawab : laporkan ke dinas setempat, lalu dinas akan mengirimkan surat resmi ke PDSP (PusatData dan Statistik Pendidikan) tembusan ke Ditjen Didkas untuk dibuatkan akun baru.PDSP akan menerbitkan NPSN sekolah tersebut untuk keperluan administrative dan Ditjen Didkas akan menerbitkan koderegistrasi untuk keperluan aktivasi aplikasi. Selanjutnya Dikdas akan mengirimkan data prefilled untuk sekolah tersebut.

28.   Apakah input data hanya dapat dilakukan dari 1 PC saja, atau bisa di lakukan dari beberapa PC?

Jawab: sebaiknya 1 PC saja

29.   Bagaimana jika siswa baru/mutasi belum di rubah status registrasinya di sekolah yang lama?
Jawab : Koordinasikan dengan sekolah lama agar mengupdate status siswa tersebut menjadi

“mutasi”

30.   Bagaimana cara membatalkan registrasi peserta didik?
Jawab :Dengan cara menghapus entrian yang sudah di isi pada kolom registrasi kemudian simpan.


31.   Apa yang di maksud tanggal surat tugas di formulir PTK?

Jawab: Surat tugas pada formulir PTK di penugasan adalah Tanggal Mulai Tugas (TMT) PTKtersebut bertugas/ ditempatkan di sekolah yang dimaksud.


32.   Di formulir riwayat sertifikasi, jenis sertifikasi itu di isi dengan keterangan apa?

Jawab : Riwayat sertifikasi jika PTK tersebut pernah memiliki bidang sertifikasi mata pelajaranberbeda dengan yang sekarang. Isiannya sesuai dengan referensi diaplikasi.








33.   Mohon dicantumkan ketentuan JJM agar valid di dapodik, baik untuk kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013 untuk guru SD yang selama ini masih banyak perbedaan pemahamannya..utamanya untuk guru mapel Penjaskes, KS dan Guru Agama di SD. Serta guru BK di SMP.

Jawab : Contoh rombel normal pada jenjang SD kurikulum KTSP
Kelas
Mapel
Jam
Keterangan
I
1
Guru Kelas
24
Normal
2
PAI
4
3
Penjas
4
4
Mulok Bahasa Daerah
2
II
1
Guru Kelas
24
Normal
2
PAI
3
3
Penjas
4
4
Mulok Bahasa Daerah
2
III
1
Guru Kelas
24
Normal
2
PAI
4
3
Penjas
4
4
Mulok Bahasa Daerah
2
IV
1
Guru Kelas
24
Normal
2
PAI
4
3
Penjas
4
4
Mulok Bahasa Daerah
2
5
PPKN
2
V
1
Guru Kelas
24
Normal
2
PAI
4
3
Penjas
4
4
Mulok Bahasa Daerah
2
5
PPKN
2
VI
1
Guru Kelas
24
Normal
2
PAI
4
3
Penjas
4
4
Mulok Bahasa Daerah
2
5
PPKN
2






Kemudian contoh rombel normal pada jenjang SMP kurikulum KTSP
Mata Pelajaran
Nama Guru
JJM
JJM KTSP
156-Bahasa Indonesia
YSR
4  
4  
157-Bahasa Inggris
E.SPd
5  
4  
810-Bimbingan dan Konseling (Konselor)
Pri
1  
0  
097-Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
SS
5  
4  
100-Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
AN
4  
4  
100-Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
WR
4  
4  
227-Keterampilan
SS
2  
2  
180-Matematika
KK
4  
4  
063-Muatan Lokal Potensi Daerah
SP
2  
0  
127-Pendidikan Agama Islam
ME
2  
2  
220-Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
SMS
2  
2  
154-Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
RL
4  
2  
154-Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Stres
2  
2  
217-Seni Budaya
SK
1  
2  
217-Seni Budaya
Rus
1  
2  
224-Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Mul
2  
0  
Jumlah Jam Mengajar Rombel
  -
45  
38  

34.   Untuk app dapodik yang baru nanti jika seklah kami menggunakan 2 kurikulum ktsp dan kur 13 bgmn untuk pengaturan jjmnya?

Jawab : Di dalam formulir rombongan belajar setiap rombel dapat memilih kurikulum yangdigunakan. Setiap kurikulum akan ada “Template” mata pelajaran dan JJM tiap mapel, tugas
sekolah adalah “menentukan PTK siapa mengajar di mapel apa” tanpa memberikan informasi lagi tentang JJM. Karena JJM setiap mata pelajaran sudah diatur sendiri dalam standar isi pendidikan nasional.
35.   Apakah input datanya harus dari awal? atau bisa diambil dari data dapodik versi sebelumnya?
Jawab : Tidak, aplikasi 2013 merupakan lanjutan dari aplikasi dapodik 2012. Data yang pernahdiinputkan oleh sekolah di periode sebelumnya (2012) dijadikan data “Prefilled” (data yang sudah terisi sebelumnya). Data tersebut sudah masuk otomatis ke dalam aplikasi sekolah ketika, sekolah mengaktivasikan kode registrasi nya.

36.   Jika PTK dimutasi apa data PTK bisa dicopy paste semua? termasuk data rinci PTK (riwayat kerja, riwayat gaji berkala, dll) ? soalnya app dapodik kemarin harus ketik ulang.

Jawab: Untuk di versi 2.0.6 bisa dilakukan seperti itu jadi di data rinci PTK tidak usah entri dari awal lagi cukup copy  dan paste.

37.   Untuk dapodik 2013 apa online ? dan apakah dapat di refisi ulang karena untuk dapodik yang lalu apabila ada refisi ternyata tidak langsung dapat terupdate.

Jawab: Aplikasi Dapodik 2013 tidak sepenuhnya online. Koneksi dibutuhkan saar melakukan sinkronisasi.


38.   Bagaimana cara menginputkan PTK yg mengampu di 2 sekolah dengan jenjang sama (induk & bukan induk)

Jawab : inputkan data PTK tersebut ke masing-masing sekolah, pilih induk atau bukan induk di table PTK. Dan ini penting tidak boleh terlewat atau salah pilih, untuk mengidentifikasikan dimana sekolahinduknya berada.

39.   Bagaimana cara menginput kan PTK yang mengampu di 2 sekolah beda jenjang (dikdas & dikmen)

Jawab : inputkan data PTK tersebut ke masing-masing jenjang. Dan jangan lupa pilih dimana sekolah induknya pada table PTK

40.   Apakah bisa dilakukan perbaikan data TA 2012/13 menggunakan aplikasi baru ini?
Jawab : Tidak bisa, aplikasi ini seseuai dengan periode tahun ajarannya.

41.   Bagaimana trik agar data tidak tertukar pada PC yang digunakan untuk multi user?
Jawab : Pastikan koderegsitrasi sekolah tidak tertukar , username dan passwordnya juga harus berbeda satu sama lain. Pastikan Email sekolah aktif dan unik..!
42.   Bagaimana kalau sudah menginstall patch terbaru namun ketika login ke aplikasi yang muncul masih versi lama??
Jawab: Ketika kita menginstall patch maka dia hanya mengupgrade versinya saja tidak menyentuh datanya. Apabila dilapangan terjadi seperti itu maka tekan tombol Control+ F5

43.   Apabila sudah sinkron kemudian muncul keterangan SUCCESS INSERT NULL TABLE (FOR CONSISTENCY DATA), DATA UPTODATE. Langkah selanjutnya bagaimana???
Jawab: Untuk yang sudah menggunakan Aplikasi versi 2.0.4 bila dalam melakukan sinkronisasi ada keterangan "SUCCESS INSERT NULL TABLE (FOR CONSISTENCY DATA), DATA UPTODATE" itu artinya proses sinkronisasi mengalami kegagalan karena adanya beberapa data yang masih salah dalam pengisiannya, coba lakukan hal-hal sebagai berikut :
ü  Periksa kembali kolom pengisian "Data Pribadi" siswa pada bagian Tab Peserta Didik, biasanya disana ada beberapa kolom yang seharusnya dikosongkan, tetapi terisi oleh angka 0 atau tanda "strip" ( - ), seperti pada kolom "Berkebutuhan khusus, Nomor Telepon, Nomor HP, Nama Wali" dan rincian lainnya.. bila benar ada isiannya hapus isian yang bersangkutan.
ü  Pada kolom "Data Rincian bagian Data Periodik" dalam hal pengisian jarak "kurang dari 1 km" meski jaraknya tidak diisi tapi waktu tempuh untuk kolom menitnya harap diisi.
ü  Pada Tab PTK periksa kembali kolom "penugasan" terutama dalam pencentangan Keaktifan PTK, Bulan yang dicentang harus sampai bulan "Nopember".
ü  Pada Tab PTK bagian "Ubah", periksa kembali seluruh pengisian pada bagian "Edit PTK terutama pada kolom NIP, biasanya masih suka ada ditemukan pengisian dari hasil data prefill yang pengisian NIP-nya menggunakan spasi sehingga data NIP hilang sebagian.
ü
ü  Pada Tab PTK bagian "Data Rincian" periksa kembali dalam hal "Tugas Tambahan" dan "Rw. Jabatan Struktural" kolom ini seharusnya bagi guru tidak terisi datanya (dikosongkan), tetapi utk beberapa kasus masih banyak kolom ini yang terisi datanya, bila terjadi seperti ini maka hapus data isiannya.
44.   Bagaimana cara untuk untuk mengupdate data untuk semester dua/genap??
Jawab: Ditampilan login ketika selesai memasukan username dan password pada periode kita pilih Genap/2013-2014.
Jawab :Pada tampilan login setelah kita mengisi username dan password maka pada periode nya kita ubah menjadi Genap 2013/2014.

45.   Bagaimana cara mengubah NPSN/NSS/Status sekolah/Kecamatan/Kabupaten yang salah sedangkan diaplikasi tidak bisa di edit??
Jawab :Silahkan hubungi contact person, nanti akan langsung diperbaiki yang salahnya kemudian perubahannya setelah sekolah melakukan sinkron ulang ke server.

46.   Bagaimana solusinya ketika akan memilih nama PTK dipembelajaran tetapi halaman yang muncul hanya 1??
Jawab : Silahkan hubungi ke contact person untuk mendapatkan file customrest.php yang nantinya file tersebut disimpan di C:/Program Files/Dapodikdas/dataweb/apps/src/DataDikdas/ . Setelah itu refresh/F5 lalu masuk kembali ke pembelajaran untuk dicek sudah keluar belum halaman selanjutnya.
Kalau masih belum muncul juga halaman berikutnya, pada angka 1 di page nya diubah jadi 2 dst kemudian tekan enter dan kolom PTK nya dilebarkan sehingga nanti bisa muncul halaman selanjutnya.

47.   Apa yang harus saya lakukan ketika laptop saya rusak dan saya belum melakukan back up data tetapi saya sudah berhasil sinkron ke server. Bagaimana cara mengunduh file yang sudah dikirim ke server??
Jawab :langkah pertama bisa menghubungi KKDATADIK/ Contact Person untuk menggenerate ulang prefill data yang ada diserver. Langkah yang dilakukan oleh operator sekolah adalah dengan menunduh ulang prefill nya dan menginstall baru aplikasi setelah itu registrasi ulang.


48.   Apa langkah yang harus dilakukan ketika menginstall patch kemudian di PTK datanya hilang??
Jawab : Silahkan ikuti langkah:
1. Tekan Win + R kemudian ketik CMD pada kota search – tekan enter
2.  Ketik CD C: kemudian enter
3. Ketik CD program files atau CD program files (x86) tergantung windows,  tekan enter
4.Ketik CD Dapodikdas  tekan enter
5.  Ketik pgsql kemudian enter
6.  Ketik CD bin  kemudian enter
7.  Ketik psql–U postgres–d pendataan  tekan Center
8.Ketik UPDATE peserta_didik SET soft_delete = 0; tekan enter ( jika data yang terhapus Pesdik)
9.Ketik UPDATE ptk SET soft_delete = 0;  tekan Center (jika data yang terhapus PTK)

10. Setelah itu cek kembali data PTK di aplikasi


49.   Apa yang harus dilakukan ketika melakukan sinkron pada tampilan sinkron muncul layar putih??
Jawab :  apabila menggunakan browser Firefox, langkah-langkahnya:
ü  Pilih History
ü  Klik di Clear recent history
ü  Pada Time range to clear pilih everthing
ü  Setelah itu klik ok
ü  Setelah itu buka kembali aplikasi dan sinkronisasi ulang

Apabila menggunakan Google Croome:
ü  Pilih tanda
ü  Kemudian pilih riwayat
ü  Setelah itu klik di Hapus data penjelajahan
ü  Pada Hapus data penjelajahan centang semua kotaknya lalu Hapus data penjelajahan
ü  Setelah itu buka aplikasi dan sinkronisasi ulang.

50.   Bagaimana cara menginstall ulang patch tanpa harus install ulang aplikasi??
Jawab :
1.       Buka folder di C: Program Files/Dapodikdas/config
2.       Kemudian copy file install yang ada di config misalkan ke desktop
3.       Setelah itu buka file yang baru dipindah tadi memakai notepad dengan cara klik kanan lalu open with nya cari notepad
4.       Kemudian cari tulisan “Last = 2.0.X (versi aplikasi) lalu satu baris tsb dihapus dan save
5.       Setelah itu file install hasil edit tadi dicopy kembali dan simpan didalam folder C: Program Files/Dapodikdas/config dengan move and replacement kemudian klik OK
6.       Setelah itu lakukan installasi ulang patch yang terbaru.


0 comments

Yang Sering Dikunjungi

Membuat CRUD Form pendaftaran siswa menggunakan PHP dan Bootstrap part 3 ( Menambahkan Edit dan Delete )

Setelah kita membuat form view dalam form tersebut tidak terdapat tombol edit dan deletnya maka dari itu kita buat tombolnya sekarang Beriku...

Popular Posts